Iklan

terkini

Ini Penyebab Asam Lambung

Indo Morning Media Corp
Jumat, 04 Agustus 2023, 1:56:00 AM WIB Last Updated 2023-09-11T07:37:07Z

 



Indomorning.com (Jakarta) -  Sobat indomorning sakit lambung.? Ini dia Penyebab Sakit atau Asam Lambung.

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung:
Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Jika otot ini lemah, asam lambung naik kembali ke kerongkongan.
Nah, kondisi ini berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), penderita obesitas, dan ibu hamil.

Gejala utama asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada seperti panas di dada atau (heartburn), yang bisa menjadi lebih buruk setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini sering disertai gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual, muntah, maag, sesak napas, dan mulut terasa asam.


Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Asam Lambung:
Penyakit refluks gastroesofagus atau nama lain disebut (GERD) 
dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hari, seperti menurunkan berat badan, tidak berbaring setelah makan, menghindari makanan tertentu termasuk buah yang asam, dan berhenti merokok. Beberapa tanaman herbal, seperti jahe, juga diklaim bermanfaat untuk mengatasi asam lambung.

Dokter dapat memberikan obat untuk mengatasi penyakit asam lambung dan meredakan maag akibat asam lambung. Jika metode tersebut belum efektif, operasi dapat dilakukan.

Untuk mencegah penyakit asam lambung, hindari berbaring segera setelah makan, menghindari makanan pedas dan asam, serta menerapkan jadwal makan yang teratur. Selain itu, berhenti minum minuman berkafein, seperti kopi, dan minuman beralkohol juga dapat membantu mencegahnya.

Penting juga untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai solusi praktis untuk mengurangi biaya pengobatan penyakit asam lambung. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan dan mengikuti anjuran dokter, Anda dapat mengatasi dan mencegah penyakit asam lambung dengan lebih baik.

-
Penulis : Karina Novita

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Penyebab Asam Lambung

Terkini