Iklan

terkini

Hati Hati Virus Nipah Dari Hewan Bisa Menyerang Manusia

Indo Morning Media Corp
Senin, 18 September 2023, 9:58:00 AM WIB Last Updated 2023-09-18T03:03:27Z
Hati Hati Virus Nipah Dari Hewan Bisa Menyerang Manusia
Hati Hati Virus Nipah Dari Hewan Bisa Menyerang Manusia


Indomorning.com (Jakarta)
 –  Kamu tahu gak sih Sobat Indomorning? Virus Nipah sudah menewaskan beberapa orang di India, Ini Perlu kita waspadai ya sob! Sebenarnya apa sih Virus Nipah? Virus Nipah atau NiV adalah virus zoonotik, yang berarti dapat menular dari hewan ke manusia. Selain itu, virus ini juga dapat menular melalui makanan yang terkontaminasi dan kontak langsung antar-manusia.

Hewan yang bisa memiliki Virus Nipah yaitu adalah kelelawar buah, terutama yang berasal dari famili Pteropodidae. Virus ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1999 ketika wabah melanda peternak babi dan individu yang berkontak erat dengan hewan-hewan tersebut di Malaysia dan Singapura.

Sebagian besar infeksi pada manusia terjadi akibat kontak langsung dengan babi yang sakit. Namun, virus ini juga dapat menyebar melalui konsumsi buah atau produk buah yang telah terkontaminasi oleh urine atau air liur kelelawar yang terinfeksi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi, terutama buah-buahan.

Ilustrasi: Cek dan bersihkan terlebih dahulu buah-buahan sebelum dimakan/ Istock


Menurut CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), virus ini menular melalui cairan seperti darah, urine, dan air liur hewan yang terinfeksi. Oleh karena itu, berkontak dengan hewan-hewan tersebut dapat meningkatkan risiko penularan.


Selain itu, penularan Virus Nipah juga telah terjadi dari manusia ke manusia, terutama dalam keluarga dan di antara petugas perawatan pasien yang terinfeksi.

Ini Beberapa Gejala Awal Infeksi Virus Nipah Pada Manusia:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Muntah
  • Sakit tenggorokan

Gejala ini kemudian dapat diikuti oleh kantuk, perubahan kesadaran, dan tanda-tanda neurologis yang mengindikasikan ensefalitis akut. Kasus yang parah bahkan dapat mengakibatkan kejang dan koma dalam waktu 24-48 jam.

Cara Mencegahan Virus Nipah:

  • Hindari kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, terutama babi yang sakit.
  • Pastikan kebersihan makanan, terutama buah-buahan, untuk menghindari kontaminasi oleh urine atau air liur kelelawar yang terinfeksi.
  • Kenakan perlengkapan pelindung saat merawat pasien yang terinfeksi dan hindari kontak langsung dengan cairan tubuh mereka.
  • Isolasi pasien yang terinfeksi dengan ketat untuk mencegah penularan dari manusia ke manusia.
  • Terlibat dalam praktik-praktik kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir.

Penting untuk diingat bahwa pencegahan merupakan langkah kunci dalam menghadapi Virus Nipah. Memahami cara penularan dan gejala-gejalanya adalah langkah awal untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar Sobat.

-
Penulis : 
Karina Novita

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hati Hati Virus Nipah Dari Hewan Bisa Menyerang Manusia

Terkini