Iklan

terkini

Masih Muda Ko Pelupa? Begini Cara Atasi Pikun Di Usia Muda

Indo Morning Media Corp
Kamis, 07 September 2023, 11:48:00 PM WIB Last Updated 2023-09-18T04:30:32Z

Mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 seperti kacang-kacangan, sayuran, ikan, susu sapi, telur, biji-bijian, dan susu kedelai. Makanan tersebut sangat baik untuk menunjang otak tetap aktif dan sehat. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi garam, dan gula karena bisa memicu banyak masalah kesehatan kamu loh.

Indomorning.com (Jakarta) –  Hai Sobat indomorning! Pikun, ternyata semakin banyak dialami oleh generasi muda sekarang loh. Wah, sayang sekali yah. Penting untuk mengetahui cara mencegah pikun agar tidak terjadi lebih awal dalam hidup kamu.

Mungkin kalian sudah sering melihat teman-teman kalian yang masih muda, selalu lupa, apalagi lupa dalam hal-hal kecil apapun.

Begini cara Ampuh Atasi Pelupa atau Pikun di Usia Muda :

  1. Selalu Cek Kondisi Diri, Setelah berkomunikasi dengan orang lain
    Memeriksa kondisi diri setelah berkomunikasi dengan orang lain adalah salah satu cara untuk membantu menjaga ingatan kita dan meminimalkan lupa. Tindakan ini seringkali disebut sebagai "refleksi" atau "introspeksi".
     
  2. Memperkuat Ingatan Jangka Pendek
    Merenungkan apa yang baru saja kamu pelajari, atau yang kamu dengar, hal ini dapat membantu mengkonsolidasi informasi tersebut dalam ingatan jangka pendek kamu.

  3. Intropeksi Kesalahan
    Dengan mengingat kembali percakapan saat bertemu orang lain, kamu harus mengingat apa yang telah kamu lakukan saat bertemu orang lain, dan apa kesalahan yang telah kamu buat. Hal ini untuk mengklarifikasi informasi jika diperlukan.

  4. Sering-sering membuat Hal Kreatif (Jangan Rebahan Terus)
    Membuat sesuatu yang kreatif atau melakukan aktivitas yang merangsang otak dapat membantu kamu, menjaga ingatan tetap segar dan mencegah pelupa.

  5. Menulis Jurnal
    Menulis jurnal harian adalah cara hebat untuk merenungkan pengalaman dan pemikiran kamu. Ini dapat membantu kamu mengingat peristiwa penting dalam hidup kamu dan mengidentifikasi pola-pola dalam pemikiran kamu.

  6. Menggambar atau membuat karya Seni
    Menggambar, atau melakukan seni kreatif atau lainnya adalah cara yang baik untuk merangsang otak dan meningkatkan daya ingat. kamu dapat mencoba menggambar gambar atau melukis yang kamu suka, pemandangan, orang, atau objek-objek yang menarik bagi kamu.

  7. Berolahraga
    Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

  8. Sering Membaca Buku
    Membaca dapat mencegah pikun di usia muda, terlebih jika kamu melakukannya secara rutin atau menjadikannya kebiasaan. Melalui membaca otak akan terus bekerja aktif dalam memproses semua informasi baru yang kamu dapatkan. 

  9. Konsumsi Makanan Sehat
    Mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 seperti kacang-kacangan, sayuran, ikan, susu sapi, telur, biji-bijian, dan susu kedelai. Makanan tersebut sangat baik untuk menunjang otak tetap aktif dan sehat. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi garam, dan gula karena bisa memicu banyak masalah kesehatan kamu loh. 

Itulah beberapa cara efektif mencegah pelupa atau pikun di usia muda, yang dapat kamu coba lakukan setiap saat. Jika kondisi lupa ingatan yang sangat parah, kamu bisa konsultasikan ke dokter yaaa.

Semoga dapat membantu kamu ya sob! Semangaaat.  


 -
Editor : Karina Novita
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masih Muda Ko Pelupa? Begini Cara Atasi Pikun Di Usia Muda

Terkini