Iklan

terkini

Cara Atasi Ambeien Secara Alami

Indo Morning Media Corp
Rabu, 09 Agustus 2023, 1:46:00 AM WIB Last Updated 2023-09-11T07:17:19Z

 


Sobat indomorning! Apa sobat mengalami gejala Ambeien?

Ambeien adalah peradangan atau pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang muncul akibat peningkatan tekanan pada area rektum dan anus. Penyebabnya bisa beragam, termasuk sembelit kronis yang memerlukan tekanan saat buang air besar, diare, obesitas, kehamilan, dan asupan serat yang kurang.

Ambeien, dapat menyebabkan ketidak nyamanan saat kita beraktifitas. Meskipun gejala ringan seringkali mereda dengan sendirinya, namun tidak jarang kondisi ini berkembang menjadi lebih parah loh, bahkan menghambat kegiatan sehari-hari. Penggunaan obat alami ambeien ini bisa menjadi pilihan sob.

  1. Lidah Buaya :
    Lidah buaya, tanaman ajaib yang telah lama diakui khasiatnya, dapat membantu meredakan peradangan akibat ambeien. Selain itu, krim atau gel dengan ekstrak lidah buaya bisa membantu mengurangi rasa perih dan gatal di sekitar anus. Kendati belum ada bukti medis yang kuat, penggunaan lidah buaya tergolong aman dan boleh sobat coba.

  2. Tanaman Witch Hazel :
    Tanaman witch hazel, dengan kandungan tanin dan minyak alaminya, dipercaya mampu meredakan gatal, perih, dan nyeri akibat ambeien. Dalam bentuk salep atau krim, ekstrak witch hazel dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada area anus.

  3. Minyak Mineral atau Essential Oil :
    Minyak-minyak alami seperti kelapa, vitamin E, petroleum jelly, serta minyak esensial dengan chamomile, ekstrak kacang almond, dan minyak ikan, mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Selain meredakan iritasi, minyak juga berperan sebagai pelembap pada area anus.

  4. Berendam Hangat :
    Merendam area anus dengan air hangat bisa meredakan gatal, iritasi, dan nyeri akibat ambeien. Prosesnya simpel: cukup duduk dalam bak mandi berisi air hangat selama 20 menit, dan rasakan efek relaksasinya.

  5. Kompres Es Batu :
    Mengompres dengan es batu ternyata efektif untuk meredakan nyeri dan pembengkakan akibat ambeien. Bungkus es dengan kain bersih dan kompres pada area yang sakit selama 15 menit.

Namun, perlu diingat sob, obat alami ambeien ini menawarkan solusi yang menarik untuk di coba, Jangan lupa konsultasi dengan dokter tetaplah penting, terutama jika gejala tidak membaik atau berulang. Dalam beberapa kasus, perawatan lebih lanjut mungkin diperlukan, bahkan hingga menggunakan obat-obatan medis yang diresepkan oleh dokter. Ingatlah, tindakan pencegahan dan pola hidup sehat juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan usus dan mencegah ambeien kambuh.

Semoga dapat membantu yaa sob!

-
Penulis Karina Novita


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Atasi Ambeien Secara Alami

Terkini