Iklan

terkini

Akibat Bau Mulut Begini Penjelasannya

Indo Morning Media Corp
Rabu, 09 Agustus 2023, 2:17:00 AM WIB Last Updated 2023-09-11T07:16:48Z

Hai Sobat indomornig.. Bau mulut, meski banyak orang seringkali mengabaikan nya, Bau mulut menjadi masalah yang dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang maupun saat kita berinteraksi dengan orang-orang.

Penyebab bau mulut ternyata dapat bervariasi, Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut seseorang:

  1. Pengaruh Makanan dan Minuman
    Makanan seperti bawang merah, bawang putih, ikan, dan makanan pedas bisa memicu bau mulut. Zat-zat berbau yang terkandung dalam makanan ini akan meresap ke aliran darah dan berdampak pada hembusan napas. Bahkan kopi, meskipun nikmat, memiliki kandungan sulfur dan asam yang mungkin menyebabkan bau tak sedap. 

  2. Mengabaikan Kebersihan Mulut
    Tidak menjaga kebersihan mulut, terutama jika jarang menyikat gigi, bisa memicu perkembangan plak gigi yang mengakibatkan bau tidak sedap. Jika gigi palsu atau kawat gigi digunakan, harus memperhatikan jauh lebih jeli, untuk menghindari sisa makanan yang menyangkut dan akan merusak gigi. Lidah yang tidak dibersihkan juga dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab bau loh. 

  3. Pola Makan dan Diet
    Diet rendah karbohidrat, seperti diet DEBM atau ketogenik, dapat menyebabkan bau mulut. Proses ketosis yang terjadi saat tubuh membakar lemak sebagai sumber energi bisa menghasilkan aroma napas yang kurang sedap. 

  4. Infeksi dalam Mulut
    Infeksi seperti gigi berlubang, radang gusi, periodontitis, dan sariawan, dapat menyebabkan bau mulut. Bahkan luka bekas operasi mulut atau gigi palsu yang tidak pas bisa mengakibatkan infeksi yang menghasilkan bau tak sedap. 

  5. Keringnya Mulut
    Mulut kering, disebabkan oleh kurangnya produksi air liur, memungkinkan bakteri dan sisa makanan menumpuk, menyebabkan bau mulut. Gangguan pada kelenjar air liur, konsumsi obat diuretik, atau tidur dengan mulut terbuka bisa menyebabkan kondisi ini. 

  6. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol
    Merokok dan minum alkohol dapat mengeringkan mulut, menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri penyebab bau. Selain itu, tembakau pada rokok meninggalkan zat-zat yang meresap ke mulut dan menyebabkan aroma tidak sedap. 

  7. Kondisi Kesehatan yang Tersembunyi
    Beberapa gangguan kesehatan seperti sinusitis, pneumonia, sakit tenggorokan, atau diabetes, bisa menyebabkan bau mulut. Penyakit asam lambung, gangguan hati, atau Penyakit ginjal juga bisa menyebabkan bau mulut, jadi bagi penderita penyakit ini, utamakan kebersihan mulut yaa sob, biar ga bau. Hehe. 

  8. Efek Samping Obat-obatan
    Sejumlah obat seperti antihistamin, antidepresan, dan diuretik, dapat menyebabkan mulut kering yang menghasilkan bau. Beberapa obat juga dapat menghasilkan bahan kimia yang memicu bau tak sedap.

  9. Dampak Kehamilan
    Mual dan muntah selama kehamilan dapat menyebabkan bau mulut. Perubahan hormon pada ibu hamil juga bisa memengaruhi aroma napas.


Ketahui bahwa berpuasa juga bisa menyebabkan bau mulut loh sob, karena tubuh mengolah lemak menjadi energi dan menghasilkan keton. Namun, bau ini akan mereda setelah berbuka puasa yaa.

Mengatasi bau mulut melibatkan kombinasi kebiasaan hidup sehat, perawatan mulut yang baik, dan perhatian terhadap kesehatan secara keseluruhan. Jika masalah ini terus berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter untuk diagnosis dan solusi yang lebih mendalam.

Semoga dapat membantu yaa sob!

-
Penulis Karina Novita


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akibat Bau Mulut Begini Penjelasannya

Terkini