Iklan

terkini

6 Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Asam Lambung

Indo Morning Media Corp
Minggu, 06 Agustus 2023, 11:21:00 PM WIB Last Updated 2023-09-11T07:26:51Z

 


Hai, Sobat indomorning! Apa sobat menderita Asam Lambung?
Jika menderita sakit lambung, ada 6 sayuran yang baik dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, mari kita bahas dibawah.

Asam lambung merupakan kondisi medis yang bisa mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan refluks asam. Oleh karena itu, penting bagi penderita asam lambung untuk memperhatikan asupan makanan agar tidak memperburuk kondisinya. Salah satu jenis makanan yang perlu diperhatikan adalah sayuran.


Ada beberapa jenis sayuran yang boleh dan baik dimakan oleh penderita asam lambung :

  1. Buncis : Sayuran tinggi serat ini mampu menurunkan risiko gejala GERD dan mencegah refluks asam lambung naik. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau membuat sup sayuran.
  2. Kentang : Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan memenuhi kebutuhan energi penderita asam lambung. Kentang juga mengandung serat yang mudah dicerna oleh tubuh.
  3. Wortel : Kaya serat dan mengandung vitamin A serta antioksidan seperti beta-karoten, wortel membantu menetralkan asam lambung. Selain itu, konsumsi wortel secara rutin juga baik untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh.
  4. Bayam : Kaya akan magnesium, bayam berperan sebagai antasida alami yang menetralkan kelebihan cairan asam lambung dan mengatasi gejala refluks asam lambung dan GERD.
  5. Adas : Daun adas memiliki tingkat keasaman rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Biji adas juga membantu mengatasi perut kembung dan begah akibat refluks asam lambung.
  6. Selada : Kandungan air yang tinggi pada selada menetralkan cairan asam lambung dan meredakan refluks asam lambung sebagai gejala GERD.

Ada beberapa makanan lain yang baik untuk Penderita Asam Lambung :
Selain sayuran, terdapat beberapa jenis makanan lain yang baik untuk penderita asam lambung, di antaranya adalah :

  1. Yogurt : Yogurt dari susu tanpa lemak mengandung probiotik yang menenangkan dan melindungi lapisan lambung dari asam lambung.
  2. Pisang : Buah pisang dengan tekstur lunak dan kandungan serat tinggi mencegah gangguan pencernaan dan gejala refluks asam lambung.
  3. Jahe : Jahe memiliki senyawa fenolik aktif yang bersifat antiinflamasi dan meredakan peradangan pada saluran pencernaan. Jahe juga membantu meredakan mual.
  4. Oatmeal : Oatmeal tinggi serat membantu menurunkan risiko gejala GERD dan refluks asam lambung.


Dengan memperhatikan jenis makanan yang tepat, penderita asam lambung dapat mengurangi gejala dan memperbaiki kualitas hidup. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan panduan makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Sobat yaa.

 

-
Penulis : 
Karina Novita



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 6 Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Asam Lambung

Terkini