Iklan

terkini

Penyebab Halte Tandean Kebakaran

Indo Morning Media Corp
Selasa, 15 Agustus 2023, 1:40:00 AM WIB Last Updated 2023-08-17T13:59:48Z



Indomorning.com (Jakarta) – Senin (14/8/2023), Halte TransJakarta Tendean di Jakarta Selatan kebakaran. Kejadian ini menghentikan operasional halte sementara. Berdasarkan laporan dari pihak pemadam kebakaran setempat, penyebab kebakaran tersebut "diduga" akibat masalah korsleting listrik.

Triyanto, dari Kasiops Suku Dinas Damkar Jakarta Selatan, menjelaskan bahwa menerima laporan mengenai kebakaran ini pada pukul 17.40 WIB. Tempat kejadian berada di halte Tendean yang terletak di Jalan Kapten Tendean, Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. "Kami segera mengerahkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran dengan 30 petugas untuk merespons kejadian ini," ucap Triyanto. Upaya pemadaman berlangsung selama sekitar satu jam, dan pada pukul 18.23 WIB, api berhasil berhasil dipadamkan. Menurut keterangan Triyanto, dugaan awal mengenai penyebab kebakaran ini adalah adanya arus pendek atau korsleting listrik. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa akibat insiden ini.

"Dari kronologis yang kami peroleh, terjadi korsleting listrik pada perangkat charging attraction, dan dari sana api merambat ke seluruh halte. Kerugian belum dapat dihitung, namun tidak ada korban yang tercatat," ucapnya.

Akibat kebakaran ini, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memutuskan untuk menutup sementara operasional halte tersebut. Sejumlah perubahan juga terjadi pada koridor bus TransJakarta. Koridor 13 dengan rute Tendean-Ciledug hanya melayani hingga halte Rawa Barat. Sementara itu, pada koridor 13C dengan rute Puri Beta-Dukuh Atas 1, penyesuaian rute dilakukan dari Rawa Barat menuju Puri Beta. Koridor L13E dengan rute Puri Beta-Kuningan juga mengalami perubahan, dimulai dari halte Rawa Barat hingga ke Puri Beta. TransJakarta bekerjasama dengan Kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran yang menghanguskan Halte TransJakarta Tendean di Mampang, Jakarta Selatan.

"Kami akan bekerja sama dengan aparat Kepolisian mengingat ini fasilitas publik," kata Daud Joseph, Direktur Utama Operasional TransJakarta. Hingga saat ini, penyebab yang benar-benar pasti kebakaran tersebut masih belum dapat diketahui.

Daud menjelaskan, "Belum ada kejelasan mengenai penyebab pasti kebakaran tersebut. Namun, api diduga berasal dari luar halte." Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 17.40 WIB di Halte TransJakarta, Jalan Kapten Tendean, Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Saat insiden terjadi, halte TransJakarta Tendean tengah ramai dengan penumpang. Daud juga menambahkan bahwa kerugian akibat insiden ini masih sedang dihitung oleh pihak TransJakarta. "Yang terbakar hanyalah ruang tunggu untuk pelanggan," ungkapnya.


-
Editor : Rudy Hemansyah

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penyebab Halte Tandean Kebakaran

Terkini