Iklan

terkini

Ini Desa Paling Bersih di Dunia Gak Ada Jalan Raya di Desa Ini

Indo Morning Media Corp
Kamis, 14 September 2023, 11:11:00 AM WIB Last Updated 2023-09-16T14:45:02Z
Ini Desa Paling Bersih di Dunia Gak Ada Jalan Raya di Desa Ini
Ini Desa Paling Bersih di Dunia Gak Ada Jalan Raya di Desa Ini

Indomorning.com (Jakarta) - Desa Giethoorn sebuah desa kecil yang terletak di timur laut Belanda yang dikenal dengan sebutan "Venice of Netherlands" atau Venesia dari Belanda

Salah satu ciri khas utama Giethoorn adalah sistem kanal yang mengingatkan pada kota Venesia di Italia. Kanal-kanal yang terjalin rapi dan perahu-perahu yang berlayar dengan tenang menjadikan desa ini seperti potongan kecil dari Venesia di Belanda. Desa Giethoorn ini memiliki sekitar 2.795 Jiwa pada tahun 2020 dan kanal-kanal ini menghubungkan setiap sudut desa ini.

Foto: Desa Paling Bersih di Dunia/ Giethoorn


Air yang jernih, dikelilingi oleh berbagai pepohonan rindang di kedua sisi kanal, menjadikan pemandangan desa ini menakjubkan. Setiap sudut desa ini seakan menjadi lukisan hidup yang mengundang pengunjung untuk menjelajahi keindahan alamnya.

Baca juga: Menyelusuri Jejak Sejarah Belanda Dari Wilayah Rendah Hingga Bangsa yang Berjaya

Asal Usul Giethoorn

Desa Giethoorn memiliki sejarah yang menarik. Didirikan pada abad ke-13 oleh pekerja yang sedang menggali gambut di daerah ini, dari hasil galian gambut kemudian ditumpuk di sekitar parit yang akhirnya membentuk pulau-pulau kecil yang menjadi dasar desa Giethoorn.

Jaringan Jalan yang Unik

Giethoorn adalah desa yang unik karena tidak memiliki jalan raya seperti desa-desa pada umumnya. Jalan-jalan di sini digantikan oleh saluran air yang berkelok-kelok dan ditemani oleh sekitar 114 jembatan yang menghubungkan pulau-pulau kecil. Kendaraan utama masyarakat desa adalah perahu, berjalan kaki, atau bersepeda.

Foto: Desa Paling Bersih di Dunia/ Giethoorn

Perahu "Whisper Boat" yang Ramah Lingkungan
Desa Giethoorn terkenal dengan perahu bertenaga listrik yang disebut "whisper boat" atau perahu berbisik. Julukan ini muncul karena mesin perahu ini tenang, tidak bising, dan ramah lingkungan. Karena tidak ada kendaraan bermotor di desa ini, udara di sini bebas dari polusi, menjadikannya tempat yang segar dan bersih.

Baca juga: Rahasia Cuan Di Properti 

Desa Terbersih di Dunia
Giethoorn juga terkenal sebagai desa terbersih di dunia. Kebersihannya yang luar biasa telah mendapatkan pengakuan dari National Geographic pada tahun 2019. Desa ini juga dikelilingi oleh pedesaan yang memastikan udaranya sangat bersih dan segar.

Rumah-Rumah Bersejarah yang Memukau

Rumah-rumah di Giethoorn memiliki desain unik, dan sebagian besar di antaranya berumur lebih dari 100 tahun. Mereka memberikan pesona klasik pada desa ini dan menjadi daya tarik tersendiri bagi parawisatawan yang datang.

Ini Desa Paling Bersih di Dunia Gak Ada Jalan Raya di Desa Ini
Foto: Desa Paling Bersih di Dunia/ Giethoorn

Fasilitas Modern di Desa Tradisional
Meskipun berada di lingkungan yang tradisional, Giethoorn tetap menawarkan fasilitas modern seperti restoran, toko-toko, dan lainnya. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan lezat dan berbelanja di desa ini.

Baca juga: Megahnya Gedung Berpola Miring Hunian Mewah M City Condominium


Jadi, jika sobat ingin mencari pengalaman yang unik dan indah di Belanda, kunjungi Giethoorn dan rasakan keindahan Venesia di tengah pedesaan yang sangat segar dar memukau ini.


-
Penulis : Imelda Lie

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Desa Paling Bersih di Dunia Gak Ada Jalan Raya di Desa Ini

Terkini